Kamis, 19 Desember 2019

Jenis Kambing

Jenis Kambing Untuk Aqiqah




    Jenis kambing untuk aqiqah sangatlah penting ditentukan. Adapun kambing yang untuk di aqiqah harus memenui syarat yang telah ditentukan. Oke kali ini, aku akan beri tahu kalian semua syarat-syarat kambing yang untuk di aqiqah terlebih dahulu ke kalian semua. Syarat kambing yang baik untuk aqiqah, yaitu:
  •  Cukup umur 

Yang dimaksud cukup umur adalah minimal enam bulan dan sebaiknya sudah melewati satu tahun, berdasarkan sabda Rasul dan pernyataan jumhur ulama. Umur kambing untuk aqiqah, yaitu:
  1. Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit.
  2. Buat kambing biasa umurnya cukup 2 tahun dan masuk tahun ke 3.
  3. Sifat dan penampilan kambing untuk aqiqah sebaiknya tidak jauh tidak serupa kambing qurban yakni kambing yang sehat dan bagus,bukan kambing yang cacat dan sakit.

  • Hewan sehat dan tidak pincang

Periksa mulai dari mata, apakah hewan tersebut buta kedua matanya atau buta sebelah, kemudian ekornya apakah sudah terpotong ekornya atau telinga, serta harus memperhatikan dari fisik kambing, apakah sedang sakit atau tidak.
  • Tidak cacat, sebetulnya bukan cacat yang tidak diperbolehkan, tetapi apabila tanduk patah, gigi lepas dalam masa pergantian serta bulu rontok, sakit ringan.

     Sahabat Aqiqah Berkah yang dimuliakan Allah SWT, pada ulasan kali ini disajikan informasi yang sangat penting bagi pembaca yang memiliki hobi beternak dan berbisnis kambing atau domba. Selain itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai jenis kambing untuk aqiqah yang banyak disembelih di Indonesia.
Banyaknya para peternak kambing dan domba di Indonesia mendatangkan keuntungan berlipat-lipat ketika musim qurban tepatnya pada hari raya idul adha. Pada saat musim qurban inilah para pembeli, yang akan melaksanakan qurban akan berlomba membeli dan memilih kambing atau domba terbaik untuk kesempurnaan ibadah. 
Namun diluar musim qurban, para peternak juga tetap mendapat keuntungan dengan adanya kebutuhan daging kambing untuk aqiqah dengan berbagai jenis kambing untuk aqiqah. Rizki telah ada yang ngatur untuk kita para hamba-Nya yang tetap berusaha tanpa kenal lelah dan putus asa.

     Berikut ini jenis kambing untuk aqiqah yang terdapat di Indonesia antara lain:

   1) JENIS KAMBING KACANG

Jenis kambing di Indonesia salah satunya adalah kambing kacang yang merupakan kambing lokal dari wilayah Indonesia. Kambing kacang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Ciri dari kambing kacang yaitu memiliki badan yang kecil dan ringan, telinga pendek, punggung meninggi dan leher berukuran pendek.
Kambing kacang betina dan jantan memiliki tanduk dengan ketinggian badan betina dewasa sekitar 56 cm. Ketinggian badan jantan dewasa 60-65 cm, bobot dewasa betina sekitar 25 Kg dan jantan dapat mencapai 30 Kg. Warna bulu kambing kacang umumnya adalah hitam, putih dan coklat atau kombinasi dari tiga warna tersebut. Memiliki bulu yang pendek di seluruh tubuhnya (kecuali ekor dan dagu).

   2) JENIS KAMBING ETAWA

Jenis kambing yang satu ini merupakan jenis kambing yang didatangkan dari India. Kambing Etawa merupakan kambing penghasil susu dan termasuk kambing pedaging. Ciri-ciri dari kambing etawa ini adalah tubuh kambing yang relatif besar dengan tinggi 90-130 cm untuk jantan dan yang betina sekitar 92 cm.
Berat dari kambing etawa dapat mencapai 100 Kg untuk yang jantan, sedangkan untuk kambing etawa betina dapat mencapai berat hingga 63 Kg. Ciri lainnya adalah telinga yang terkulai ke bawah dan panjang. Kambing etawa memiliki tanduk pendek baik untuk jantan maupun betina dan jenis kambing ini mampu menghasilkan susu hingga 3 liter setiap harinya.
Jenis kambing untuk aqiqah bisa dengan kambing etawa yang banyak juga di budidaya di Indonesia. Kambing ini bisa dijadikan sebagai sembelihan untuk aqiqah maupun qurban. Kambing ini memiliki harga teratas dibandingkan untuk jenis kambing lainnya.

   3) JENIS KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE)

Jenis kambing untuk aqiqah selain kambing etawa adalah kambing peranakan etawa yang merupakan hasil persilangan dari kambing etawa (berasal dari India) dengan kambing lokal (kambing kacang) kemudian menghasilkan kambing jenis peranakan etawa atau biasa disebut kambing PE. Jenis kambing PE juga tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia.
Kambing PE hampir mirip dengan kambing etawa namun ukurannya lebih kecil dibanding kambing etawa. Kambing PE memiliki keuntungan sebagai penghasil daging dan penghasil susu.
Ciri dari kambing PE adalah telinganya yang panjang dan terkulai lemas, warn bulunya coklat muda hingga kehitaman. Berat kambing jenis ini untuk yang betina kurang lebih 35 Kg dan yang jantan kurang lebih 40 Kg. Tinggi pundaknya dapat mencapai panjang 100 cm.

   4) JENIS KAMBING GIBAS

Kambing jenis ini yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk sembelihan qurban maupun aqiqah. Jenis kambing untuk aqiqah selain menggunakan sembelihan ketiga jenis kambing diatas juga menggunakan kambing gibas. Harga kambing yang kami sediakan Rp 1.850.000,- dengan berat 23-29 Kg.

     Nah sekian informasi dari aku sobat, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa kunjungi website kami yak:

https://aqiqahalmeera.com/






2 komentar: